Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resolusi Dakwah Lewat Khotbah Berbasis Literasi Spiritual

 


Resensi Buku

KHOTBAH BERBASIS LITERASI SPIRITUAL:

"Menggagas Nilai-Nilai Islam dalam Kehidupan”

Penulis : Wahyudin

ISBN 978-623-308-809-1

Editor : Lilik Fatkhu Diniyah

Penerbit : CV. Pustaka Media Guru

Cet. Pertama, Mei 2021

Tebal buku: 150 hlm

Peresensi : Sahliah

(S3 Pascasarjana UIN Bandung Prodi PI Konsentrasi IPI)

 

“Dalam agama Islam, semua perilaku yang sesuai dengan aturan Allah SWT dan meneladani Rasulullah SAW merupakan amal shaleh. Dalam melakukan amal shaleh sejatinya harus dilandasai keimanan sehingga memiliki nilai ibadah disisi Allah SWT. Begitu pula iman tanpa amal shaleh tidak akan berarti apa-apa”. Inilah salah satu pesan yang menyentuh yang ditulis oleh penulis, yang merupakan teman sekelas saya di Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

 

Buku ini menjadi penting  untuk penguasaan skill para mujahid atau mujahidah dalam berdakwah.  Kita bisa membuktikan  pada buku ini dengan menikmati dan menambah wawasan terhadap materi-materi dakwah yang berlandaskan nilai-nilai Islami.

 

Pada bagian pertama memuat beberapa hal. Tema khotbah berbasis Hari Besar Islam dan Hari Besar Nasional sangat penting dipahami dan dicermati secara intens. Mengungkap koridor pemahaman akan makna Hari Besar Islam dan Hari Besar Nasional yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan.

 

Selanjutnya  Bab dua,  kita diajak mengarungi Literasi Spiritual. Pada bagian ini akan mengantarkan kita pada materi-materi dakwah yang mencakup pada konsep ibadah dalam kehidupan seorang muslim. Secara lebih intens dan bermakna, sehingga dapat menambah kajian dakwah dan tentunya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.  

 

Adapun pada bagian ketiga buku ini, kita akan disuguhkan konsep makna Idul Fitri dan Idul Adha sebagai upaya membangun kesadaran beragama,  menuju ibadah yang berkualitas. Baik ibadah mahdhah maupun ibadah ghair mahdhah sehingga tercipta harmonisasi kehidupan dalam bingkai ridha Allah SWT.

 

Selain rumusan praktis, buku ini juga menjelaskan kelengkapan materi ceramah, khotbah bernilai Islami, yang memberikan kemudahan bagi para juru dakwah untuk diaplikasikan dalam medan dakwah. Dalam buku ini juga dituliskan kalimat pembukaan atau muqoddimah dalam berdakwah sebelum pada materi inti. Kalimat pembukaanya dengan menggunakan Bahasa Arab bertujuan mengajak audiens untuk berdo’a memuji kebesaran Allah SWT dan RasulNya, sehingga suasana dakwah pun menjadi khusyu. Fokus perhatian audiens  tertuju pada pendakwah sehingga pesan yang disampaikan bisa dipahami, dihayati dan direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk sukses dalam berdakwah salah satu langkahnya memahami buku Khotbah Berbasis Literasi Spiritual.

 

Terimakasih Pak Wahyu atas ilmu dan karya yang ditorehkan.  Materi-materi dakwahnya penuh makna, untuk pengembangan dakwah tiada henti mulai hari ini, hingga di masa yang akan datang dalam menyongsong Era Emas 2045.

Selamat membaca. Selamat menikmati  karya hebat Khotbah Berbasis Literasi Spiritual, secara bertahap amar ma'ruf dan nahi munkar siap ditegakkan. Goresan pena ini sangat bermanfaat untuk menambah khazanah literasi dakwah yang islami.

Bandung, 12 Februari 2023 / 21 Rajab 1444 H

Pemesanan Buku : Contact WA. 0857 1805 3909

 

 

4 komentar untuk "Resolusi Dakwah Lewat Khotbah Berbasis Literasi Spiritual"

  1. Jejak literasi yang menginspirasi,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hatur nuhun apresiasianya. Semoga kita dimudahkan untuk terus berkarya.

      Hapus
  2. Best practice, always inspiring.. ditunggu next chapter from next effort ya banghaji

    BalasHapus
  3. Insya Allah akan ngubek2 buku2 lama yang ada di rak buku. Ternyata banyak yang belum dikhotamkan. Insya Allah akan jadi karya bermanfaat.

    BalasHapus