Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Harus Pemetaan Kompetensi (PK) Online?

 


"PK Online sebagai upaya menjadikan Guru PAI tetap profesional. Siap mencetak peserta didik berkualitas dalam menyambut Era Emas 2045".

Oleh : Wahyudin

Ketua Pokjawas PAI Kementerian Agama Kabupaten Bekasi

Penulis Buku dan Pegiat Literasi

 

Saya teringat dengan regulasi yang tertera pada Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen disebutkan bahwa setiap guru profesional harus memiliki empat kompetensi : pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Diantara penjelasannya bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Tentunya, termasuk Guru Pendidikan Agama Islam terus berupaya menjadi guru profesional. Target utamanya agar mencapai kualitas pendidikan secara Nasional di tengah kompetisi pada kancah Internasional.

 

Program yang sedang aktual, hal yang sangat urgen bagi guru PAI yaitu diselenggarakannya PK Online bagi guru PAI yang telah memiliki Akun pada SIAGA (Sistem Informasi Administrasi Guru Agama). Berdasarkan uraian dari Direktorat Jendral Pendidikan Islam bahwa PK Online itu program PPKB Guru PAI merupakan Program Mandatory Direktorat Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI. Secara totalitas harus diikuti oleh Guru PAI se-Indonesia bagi yang memiliki Akun SIAGA.

 

Mengapa harus mengikuti PK Online bagi Guru PAI?

Berdasarkan tujuannya bahwa PK Online bertujuan: (1) Mengukur kompetensi pedagogik Guru PAI meliputi kompetensi perencanaan pembelajaran, model pembelajaran, dan penilaian pembelajaran,(2) Mengukur kompetensi profesional Guru PAI yang meliputi penguasaan materi PAI, publikasi ilmiah, dan karya inovatif, (3) Memetakan kompetensi Guru PAI secara nasional, dan (4) Menentukan arah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru PAI.

 

Melihat dari tujuan pelaksanaan PK Online sungguh sangat luar biasa, target utamanya dalam upaya men-support Guru PAI menjadi sosok Guru profesional. Terlebih di zaman digital ini, secara totalitas berbasis internet dan revolusi industri 4.0 yang bergema sejak April 2011, bahkan saat ini memasuki Era Society 5.0 yang popular sejak 21 Januari 2021. Dengan fenomena ini, akselerasi informasi dan khazanah keilmuan terus berkembang dinamis. Mau tidak mau, setiap Guru PAI harus beradaptasi dengan perkembanagan IPTEK.  Sebagai Pengawas PAI, tentunya terus memotivasi guru binaan baik secara luring maupun daring. Dari penguatan substansi makna dari PK Online, Sosialisasi PK Online, membuka wawasan mempelajari kisi-kisi dan soal-soal PK Online, mentoring Simulasi PK Online, hingga pelaksanaan PK Online pada Jum’at, 05 Mei 2023.

 

Hal lain yang harus dipahami oleh Guru PAI bahwa PK Online pada prinsipnya untuk pemetaan kompetensi GPAI Skala Nasional. Pada ranah mana guru PAI bernilai plus, dan pada ranah mana Guru PAI bernilai minus. Inilah sebagai garapan ke depan untuk dilatih dan diberikan penguatan. Yang penting bagi Guru PAI terus semangat belajar dalam meningkatkan kualitas diri, sehingga menjadi pendidik yang dirindukan siswa. Siap mencetak generasi shaleh berkarakter Islami, mengisi ruang pada Era Emas 2045. Selamat berjuang dalam medan PK Online. Insya Allah sukses dan berkah.

 

Bekasi, 04 Mei 2023 / 13 Syawal 1444 H Pkl. 07.15 Wib.

Dalam Ruang Literasi Spiritual.

 

1 komentar untuk "Mengapa Harus Pemetaan Kompetensi (PK) Online?"

  1. Selamat menikmati PK Online bagi Guru PAI. Sukses dan berkah selalu.

    BalasHapus